9 Perbedaan GUI dan CLI, Mana Yang Lebih bagus ?


Hi Apa kabar? Materi kali ini tentang perbedaan GUI dan CLI, seorang pengguna (user) saat menjalankan sebuah sistem operasi, aplikasi, maupun Website akan di munculkan yang nama nya Interface.

Interface (antarmuka) yang di sediakan kepada user ini lah yang memungkinkan USER dapat berinteraksi pada sistem operasi, aplikasi, dan Website.

Ada dua jenis Interface yang dapat digunakan untuk berinteraksi dengan user/pengguna :

  1. GUI ( Graphical User Interface)
  2. CLI ( Command Line Interface)

Jika anda sudah bisa memahami hal diatas, sekarang kita ketahui sedikit tentang GUI dan CLI, sebelum mengetahui perbedaan nya.

1. Mengenal GUI

tampilan Gui (Grapical User Interface)

GUI singkatan dari Grapical User Interface. Interface dalam bentuk GUI, yaitu menampilkan menu atupun ikon di dalam sistem operasi. 

Jadi, jika user ingin memberi perintah kepada komputer untuk menjalankannya nya dengan mengklik kumpulan menu atupun ikon yang ditampilkan.


Contoh sistem operasi yang menggunakan GUI : Windows, MaC OS

2.Mengenal CLI

tampilan CLI (Command line interface)

CLI singkatan dari Command Line Interface.
Interface dalam bentuk CLI, yaitu menampilkan platform ataupun media untuk menulis perintah di dalam sistem operasi.

Jadi, jika user ingin memberi perintah kepada komputer untuk menjalankan nya dengan cara mengetikkan serangkaian kata/kalimat 

Contoh sistem operasi yang memakai CLI : Debian, Redhat, Ubuntu , dan sebagai nya.

Setelah anda memahami apa itu GUI dan CLi, sekarang kita masuk ke bahasan utama :

Jadi, apa aja sih Perbedaan antarmuka berbasis GUI dan CLI ? 


  1. Di GUI tampilan yang di suguhkan berupa Menu/ikon di layar monitor. Sedangkan, di CLI tampilan yang di suguhkan berupa media/platform (terminal) di layar monitor.
  2. Interface berbasis GUI lebih mudah digunakan daripada CLI. (*alasan nya ada ni No.5)
  3. GUI lebih banyak mengkonsumsi (memakan) memory, sedangkan CLI sedikit mengkonsumsi memory.
  4. Untuk memberi perintah kepada  sistem GUI memerlukan alat yaitu sebuah keyboard dan mouse, sedangkan CLI hanya memerlukan sebuah keyboard.
  5. Ketika Anda ingin memberi perintah di GUI cukup dengan meng-klik aplikasi (software) maka langsung terbuka, sedangkan, di CLI Anda harus menuliskan kalimat atau kata perintah di platform/terminal untuk memberi perintah, jika salah tulis maka erorr (perintah tidak berjalan).
  6. Tampilan GUI dapat di modifikasi sedangkan CLI tampilan nya tidak dapat di modifikasi.
  7. Di GUI informasi yang di sajikan kepada user bisa berupa teks, gambar, vidio. Sedangkan di CLI informasi yang di sajikan hanya berupa teks dan file biasa.
  8. Di GUI ada menu, di CLI tidak ada menu.
  9. GUI menggunakan kursor, di CLI tidak menggunakan kursor.

Nah, itulah 9 perbedaan antara Interface berbasis Grapical User Interface dengan Command Line Interface. Bagaimana ? sekarang udah bisa membedakan nya?

Pendapat Penulis tentang KEDUA INTERFACE

Ane Uda mencoba kedua Interface tersebut, jadi jika Anda baru menggunakan komputer memakai sistem operasi berbasis GUI adalah tepat, itu dia. 

Perasaan ane menggunakan GUI mudah, simple, dan tidak ribet...

...Namun di CLI waktu pertama kali, ketika ane berhasil memasukkan kalimat instruksi dan komputer berjalan sesuai perintah, ane merasa seperti hacker :D

Jadi itulah opini pribadi ane tentang Interface tersebut, antara GUI dan CLI mempunyai kelebihan nya masing - masing jadi kalian bisa menilai sendiri mana yang Best.

sekian materi ini, semangat belajar, selamat belajar dan jangan lupa baca artikel lain nya di TeknoloWin di lain waktu, by3.

0 Response to "9 Perbedaan GUI dan CLI, Mana Yang Lebih bagus ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel